Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program MBKM Pertukaran Mahasiswa

 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang SNPT menyebutkan bahwa standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian Pembelajaran lulusan. Dalam konteks ini, kriteria sikap merujuk pada perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses Pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, Penelitian dan/atau Pengabdian kepada Masyarakat yang terkait Pembelajaran.

Selanjutnya, Ditjen DIKTI Kemendikbud (2020) mengemukakan bahwa “Program MBKM Pertukaran Mahasiswa” diselenggarakan untuk membentuk beberapa sikap mahasiswa yang dirumuskan dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020, yaitu:

1. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

2. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan


Secara khusus, Ditjen DIKTI Kemendikbud (2020) menyebutkan bahwa tujuan Program MBKM Pertukaran Mahasiswa adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk:

1. Belajar lintas kampus

2. Tinggal bersama dengan keluarga di kampus tujuan

3. Mengembangkan wawasan mahasiswa tentang Bhinneka Tunggal Ika

4. Menguatkan persaudaraan lintas budaya dan suku

5. Membangun persahabatan mahasiswa antar daerah, suku, budaya, dan agama, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa

6. Menyelenggarakan transfer ilmu pengetahuan untuk menutupi disparitas pendidikan baik antar perguruan tinggi dalam negeri, maupun kondisi pendidikan tinggi dalam negeri dengan luar negeri.

Merujuk pada tujuan Program MBKM Pertukaran Mahasiswa tersebut diatas, maka Universitas menyadari perlunya universitas untuk berperan aktif mendukung keberhasilan Program MBKM Pertukaran Mahasiswa. Dukungan tersebut diwujudkan dengan merancang, menetapkan, dan melaksanakan kebijakan, pedoman, dan standar-standar yang terkait dengan pelaksanaan Program MBKM Pertukaran Mahasiswa di Universitas Islam Jakarta.


1 comment for "Program MBKM Pertukaran Mahasiswa"

  1. terimakasih kak atas informasinya semoga bermanfaat, follow juga blog saya di belajar it online

    ReplyDelete